TOTAL PENGUNJUNG : 8309

Umum

DPMPTSP Berau Kunker ke DPMPTSP Bulungan

DPMPTSP Berau Kunker ke DPMPTSP Bulungan

BULUNGAN, MPP.BULUNGAN.GO.ID - Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat untuk mencegah penularan covid-19, Jumat (8/10/2021), Kepala Dinas beserta jajaran Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bulungan, menerima rombongan DPMPTSP Kabupaten Berau, Kalimatan Timur (Kaltim). 

Dipimpin Pelaksana tugas (Plt) DPMPTSP Berau Muhammad Said SH MH, selain koordinasi dan konsultasi, kunjungan yang dirangkaikan dengan silaturahmi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan investor, khususnya menjalin hubungan kerjasama dengan DPMPTSP Bulungan.

Kepala DPMPTSP Bulungan Jahrah SE MSi, mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan DPMPTSP Kabupaten Berau beserta rombongan, tentunya dengan dipilihnya DPMPTSP Kabupaten Bulungan sebagai lokasi atau tujuan untuk kunjungan kerja, “Ini merupakan suatu kebanggaan dan kebahagian bagi kami,” katanya.

Sementara dalam sambutan singkatannya, Plt DPMPTSP Kabupaten Berau Muhammad Said SH MH menyampaikan ucapan banyak terima kasih atas sambutan kedatangannya bersama rombongan di DPMPTSP Kabupaten Bulungan. Diharapkan ini tidak hanya sekedar sharing, mengingat kedua daerah ini (Bulungan-Berau) yang sangat berdekatan. “Secara administratif berbeda, namun secara historis daerah ini memiliki sejarah yang sama. Semoga Bulungan-Berau dapat bersinergi, sehingga apa yang kami peroleh disini dapat kami dijadikan referensi di Kabupaten Berau,” ujarnya singkat.

Kunjungan Kerja (Kunker) DPMPTSP Kabupaten Berau berlangsung cukup hangat dan penuh rasa kekeluargaan. Dilanjutkan dengan tanya jawab seputar aplikasi serta menyangkut regulasi pelayanan.

Salah satunya menyangkut penyelenggaraan DPMPTSP Bulungan pasca terbitnya Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, Kesesuaian Kegiatan Pemanfaat Ruang (KKPR) yang mengantikan izin lokasi, kemudian penerapan sistem OSS setelah berlakunya perizinan berusaha berbasis risiko-OSS RBA Peraturan Pemerintah (PP) No. 5/2021.

Lalu terkait retribusi dalam hal penetapan biaya/tarif, mengingat adanya perubahan nomenklatur dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ke Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Serta penerapan aplikasi mandiri SINATAMA (Sistem Informasi Pelayanan Utamakan Masyarakat) adopsi aplikasi PESONA milik DPMPTSP Kalimantan Utara (Kaltara).

Kepala Bidang (Kabid) Perizianan dan Non Perizinan sekaligus Manager MPP Bulungan Roni Silitonga menjelaskan mengenai regulasi perizinan yang ada di DPMPTSP Bulungan serta apalikasi yang digunakan secara teknis.

Acara ditutup dengan mengelilingi tiap ruang pelayanan yang ada di kantor DPMPTSP Bulungan.

Disampaikan bahwa Kabupaten Bulungan melalui DPMPTSP saat ini telah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP Bulungan mengintegrasikan seluruh jenis pelayanan bagi masyarakat di Kabupaten Bulungan dalam satu pintu bekerjasama dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga/instansi vertikal.

Disampaikan sejak uji cobanya oleh Bupati Bulungan diresmikan pada tanggal 24 Juni 2021 lalu, terdapat 16 instansi yang begabung dalam MPP Bulungan. Terdiri 11 lembaga/instansi vertikal antara lain BPN, Samsat, Kemenag, BPD Kaltimtara, BRI, BPJS Kesehatan dan Ketanagakerjaan, KP2KP, Mandiri Taspen, LPPOM MUI, serta 5 OPD antara lain Disdukcapil, DLH, DPU-PR, BP2RD, dan DPMPTSP sendiri. (dpmptsp_bul)